Guest relation officer atau kordinator relasi tamu merupakan profesi yang berkaitan dengan mengarahkan dan membantu reservasi tamu. Umumnya profesi ini banyak ditemukan pada bisnis hospitality seperti perhotelan, restoran, hingga spa. Tugas utama dari guest relation officer adalah memastikan tamu memperoleh pelayanan selamat datang yang optimal untuk memberikan kesan yang baik.
Tugas Guest Relation Officer
Guest relation officer selain menyambut dan mempersiapkan reservasi para tamu juga memiliki beberapa detail tugas kerja lainnya. Berikut job desk dari profesi guest relation officer dalam membantu berjalannya bisnis hospitality secara optimal
Baca lebih lanjut tentang Hospitality di sini
Job Deskripsi Guest Relation Officer
- Membantu proses check-in hingga check-out pelanggan
- Memberikan sambutan, arahan, informasi, hingga bantuan membawa perlengkapan tamu ke kamar dan berbagai bantuan kepada tamu
- Call center yang menghubungkan panggilan masuk dengan tamu
- Menemui, menyambut, hingga mengirim tamu – tamu VIP
- Menjalankan pengecekan inventaris kamar hingga memastikan segala kelengkapan sudah berjalan sesuai SOP perusahaan
- Memahami dan tanggap menyikapi prosedur darurat dan keselamatan
- Memastikan keamanan privasi informasi tamu
- Memaksimalkan keuntungan perusahaan dengan penawaran harga terbaik kepada tamu
Kualifikasi Guest Relation Officer
- Minimal pengalaman 2 – 3 tahun di bidang front office crew
- Berpenampilan rapi, sopan, dan ramah
- Menguasai kecakapan komputer dan telekomunikasi
- Menguasai kecakapan berinteraksi dan komunikasi dengan tamu
- Keterampilan interpersonal yang mumpuni
- Keterampilan manajerial sdm yang baik
- Keterampilan dalam mengambil keputusan
- Kemampuan komunikasi verbal dan non verbal yang baik
- Menguasai lebih dari 2 – 3 bahasa
Hubungan GRO dengan Departemen Lain
Selama menjalankan rutinitasnya, GRO selalu berhubungan dengan departemen lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada tamu yang menginap.
Tugas guest relation officer berkaitan dengan departemen lain yaitu:
- Guest relation officer bersama housekeeping mempersiapkan dan mengantarkan bunga pada tamu kelas VIP.
- Room service dan GRO bekerja sama mengirimkan dessert dan bunga ke tamu VIP yang sedang merayakan hari spesial.
- GRO bersama public relation bertanggung jawab mendokumentasikan kedatangan tamu penting.
- Hubungan GRO dan engineering memastikan kamar tamu dalam kondisi baik melalui perbaikan rutin jika diperlukan.
- Sekretaris general manager dan guest relation officer membantu merencanakan surat kedatangan yang nantinya ditandatangani general manager.
- Hubungan guest relation dengan bar adalah mempersiapkan minuman selamat datang untuk tamu yang menginap.
Gaji Guest Relation Officer
Kisaran gaji untuk posisi guest relation officer bervariasi tergantung perusahaan, pengalaman kerja, dan domisili.
Namun, perkiraan gaji berkisar antara Rp4.000.000-Rp8.000.000. Sementara untuk level staff upah minimumnya mulai dari Rp4.000.000.
Selain dari gaji pokok, guest relation officer juga mendapatkan bonus dan tip dari tamu atas pelayanan dan kinerjanya, jumlahnya pun tidak sedikit.
Sebagai garda terdepan, seorang GRO wajib dibekali kemampuan komunikasi yang baik sehingga mampu berinteraksi dengan tamu hotel.
Berikut ini adalah artikel yang dapat membantu Anda meningkatkan skill komunikasi
Kondisi kerja Guest Relation Officer
Guest relation officer bekerja di hotel atau perusahaan yang erat kaitannya dengan pelayanan pelanggan. Seorang GRO harus menjadi komunikator yang andal dan mampu menangani tekanan di situasi sulit.
Tujuan utama pekerjaan ini memastikan tamu puas menginap di hotel dan bisa memberikan keluhan terkait pelayanan sehingga menjadi bahan evaluasi.
Jam kerja GRO bisa berbeda-beda, tetapi rata-rata industri menetapkan 40 jam seminggu dan bekerja dengan sistem shift maupun rolling posisi.
Fungsi guest relation officer yakni sebagai komunikator dan penghubung antara pihak hotel dengan tamu. GRO diharapkan dapat berorientasi dengan banyak orang dan menjadi pendengar keluhan yang berkaitan dengan pelayanan hotel.
Kepribadian yang wajib ada di diri GRO adalah sikap tenang, berperilaku sopan, memiliki tata bahasa yang baik dan berpenampilan rapi.
Adapun keuntungan berkarier sebagai GRO selain adanya gaji pokok, adalah tersedianya fasilitas yang bisa digunakan selama bekerja. Seperti ruang istirahat karyawan, makanan, dan lain sebagainya.
Seorang guest relation officer juga dapat mengajukan permohonan untuk menambah divisi yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan seperti posisi pengawasan.
Persyaratan menjadi guest relation officer yakni mengantongi gelar sarjana dan master untuk level manajer.
Jika anda ingin mencari lowongan kerja terkait dengan hospitality, anda bisa mulai daftar di app.myrobin.id dan temukan berbagai lowongan terpercaya dari seluruh Indonesia.
Hai semua, saya Emilia S.M, seorang praktisi sumber daya manusia yang passionate dan berpengalaman. Saya percaya bahwa sumber daya manusia adalah aset terpenting dalam setiap organisasi, dan itulah mengapa saya berkomitmen untuk membantu membangun lingkungan kerja yang inklusif dan berdaya guna.
Leave a Comment