Gunakan template job description F&B attendant ini untuk menarik banyak pencari kerja, silahkan diubah sesuai dengan keperluan/spesifikasi lowongan kerja anda
F&B Attendant mengisi peran utama menyapa dan melayani pelanggan restoran. Mereka biasanya menyelesaikan berbagai tugas yang berkaitan dengan yang dilakukan oleh tpramusaji, busboy, dan maître dll. F&B Attendant bertugas mendudukkan pelanggan, menjelaskan item menu, menerima pesanan, mengisi ulang minuman, dan membersihkan meja. Beberapa mungkin menerima pembayaran pelanggan dan bertanya kepada pelanggan tentang pengalaman bersantap mereka, seperti tingkat layanan atau kepuasan dengan pesanan mereka.
Restoran, hotel, dan resor adalah tempat kerja khusus untuk F&B Attendant. Menurut statistik tingkat pertumbuhan pekerjaan untuk profesi ini diharapkan 14 persen. Tren makan dan memesan di luar diperkirakan akan berlanjut selama dekade ini, yang memainkan peran utama dalam pertumbuhan lapangan kerja yang diharapkan ini.
Apa itu F&B Attendant?
F&B Attadalah orang yang kompeten yang menyediakan layanan makanan dan minuman kepada tamu di hotel, motel, restoran, klub, kantin, resor, dan kapal mewah. Petugas/pelayan FBS harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menyediakan layanan makanan dan minuman kepada pelanggan di berbagai perusahaan industri perhotelan.
Apa Saja Tugas F&B Attendant?
Tugas F&B Attendant juga bisa membantu di bagian kasir, para F&B Attendant biasanya menyelesaikan tugas yang dilakukan oleh waiters. petugas makanan dan minuman yang menawarkan menu yang ada di restoran untuk dicatat dan selanjutnya diberikan kepada divisi yang ada di dapur. Adapun tugas Line Cook yang lebih detail adalah sebagai berikut:
- Petugas restoran yang peran utamanya adalah menyambut pelanggan restoran dan memberikan menu
- Menjelaskan menu makanan secara detail yang ada di restoran
- Menerima pesanan dan menyerahkan ke divisi dapur
- Menawarkan menu rekomendasi yang ada di restoran
- Membersihkan meja setelah pelanggan meninggalkan tempat, sehingga apabila ada pelanggan baru masuk semua terlihat rapi
- Ada juga bagian yang mengambil bill dan bertanya kepuasan pelanggan selama makan di tempatnya
Job Description F&B Attendant?
Job deskripsi atau hal yang harus dilakukan oleh F&B attendant merupakan SOP yang perlu diketahui setiap orang dengan pekerjaan ini. SOP nya adalah sebagai berikut:
- Menyambut pelanggan yang masuk, seringkali petugas F&B Attendant adalah orang pertama kali ditemui oleh pelanggan ketika memasuki sebuah restoran
- Menjelaskan sebuah menu yang tertera, seorang F&B Attendant mempunyai tanggung jawab untuk memberikan rincian tentang menu-menu yang ada, khususnya menu spesial
- Menawarkan menu yang spesial kepada pelanggan
- Para F&B Attendant juga memiliki tanggung jawab untuk menangani keluhan atau kekhawatiran pelanggan, sehingga tidak perlu menjadi urusan manajer restoran
Kualifikasi F&B Attendant?
- Bersedia bekerja secara mobile
- Usia maksimal 40 Tahun
- Pendidikan minimal D3 atau s1 di bidang food
- Memiliki pengalaman di posisi F&B Attendant minimal 1 tahun
- Memiliki jiwa pemimpin (leadership skill)
- Memiliki kemampuan analisis yang tinggi
Baca juga artikel tentang: Pertanyaan Wawancara tentang Kepemimpinan
Skill yang Harus dimiliki F&B Attendant
Seorang F&B Attendant yang baik dan sukses bergantung pada kemampuan seseorang untuk menampilkan komunikasi verbal yang kuat, mendengarkan, layanan pelanggan, dan keterampilan interpersonal. Keterampilan interpersonal termasuk bersikap ramah, energik, positif, dan ramah.
F&B Attendant harus menjadi pemain tim dan memiliki kemampuan untuk melakukan banyak tugas. Keterampilan manajemen waktu dan motivasi diri yang kuat semuanya penting. Selain itu, para pekerja ini harus memiliki kemampuan matematika di atas rata-rata, karena terkadang mereka harus menangani uang. Selain keterampilan penting tersebut, pramugari juga dituntut memiliki kemampuan sebagai berik
Kunjungi laman dan temukan F&B Attendant serta berbagai pekerja berkualitas lainnya. Konsultasikan kebutuhan perekrutan Anda sekarang!
Hai semua, saya Emilia S.M, seorang praktisi sumber daya manusia yang passionate dan berpengalaman. Saya percaya bahwa sumber daya manusia adalah aset terpenting dalam setiap organisasi, dan itulah mengapa saya berkomitmen untuk membantu membangun lingkungan kerja yang inklusif dan berdaya guna.
Leave a Comment